Sabtu, 07 Februari 2015

Objek Wisata Penajam paser Utara


Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Paser, sesuai dengan diterbitkannya UU No.7 Tahun 2002 tanggal 10 April 2002 tentang “Pembentukan Kabupaten Penajam Paser Utara”. Kabupaten Penajam Paser Utara terletak diantara 00°48’2” - 01°36’37” Lintang Selatan dan 116°19’30” - 116°56’35” Bujur Timur .

Jumlah penduduk sampai dengan tahun 2012, berjumlah 153.470 jiwa, dengan tingkat kepadatan penduduk 46,04 Jiwa/Km² dan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,90 % pertahun.

PANTAI JUMLAI
Pantai Tanjung Jumlai merupakan Ikon Wisata Unggulan Kabupaten Penajam Paser Utara. Pantai ini mempunyai lebar bibir pantai kurang lebih 100 Meter – 150 Meter dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 15 kilometer yang membentang dari kelurahan Tanjung Tengah, Kelurahan Saloloang, Kelurahan Kampung Baru dan Kelurahan Pejala.
Panorama Kawasan Pantai Tanjung Jumlai sangatlah eksotis. Sepanjang Pantai sangatlah teduh oleh rimbunan pohon kelapa, di dukung oleh hamparan pasir kwarsa karsa. Bahkan ahli geologi dari sebuah Yayasan pesisir yang pernah menangani Kawasan Pantai Tanjung Jumlai mengatakan bahwa keindahan Pantai Tanjung Jumlai sangat jarang ditemui di daerah lain. Kawasan Pantai Tanjung Jumlai sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai Bumi Perkemahan, arena Family Day dan berbagai event-event seperti festival band, pentas seni dan lainnya. Dikawasan ini juga tersedia berbagai arena permainan seperti Banana Boat dan Flying Fox.


PENANGKARAN RUSA
Taman Wisata Penangkaran Rusa ini terletak di Desa Api-Api Kecamatan Waru. Lokasi Taman Wisata Penangkaran Rusa sangat mudah dijangkau, hanya berjarak sekitar 32 kilometer dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Penajam Paser Utara menuju arah Tana Paser.
Di Taman Wisata Penangkaran Rusa ini terdapat beberapa spesies rusa seperti Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brokei) dan Rusa Timor (Cervus Timorensis) dengan luas areal penangkaran kurang lebih 50 Hektare dengan lahan cadangan seluas 1.000 hektare. Di kawasan ini juga terdapat pabrik pengolahan tanduk rusa menjadi kapsul multivitamin.
Fasilitas yang tersedia bagi pengunjung Kawasan Taman Wisata Penangkaran Rusa adalah Meeting Room, Guess House, Musholla, Gazebo dan Laboratorium.

GUA KEMBAR
Gua Kembar terletak di Desa Wonosari Kecamatan Sepaku. Gua Kembar terdiri dari dua buah Lubang/Pintu MAsuk yang berdampingan, oleh karena itu lah dinamakan Gua Kembar. Gua Kembar merupakan obyek wisata yang kerap dijadikan sebagai kawasan Camping Ground dan Wisata Adventure oleh para Pecinta Alam. Di Dalam Gua Kembar terdapat aliran sungai yang tidak pernah kering walaupun musim kemarau berkepanjangan, oleh karena itu kawasan ini sering dianggap sebagai salah satu kawasan wisata spiritual oleh sebagian Masyarakat.

HUTAN WISATA ASTARI LESTARI
Kawasan Wisata Hutan Astari Lestari terletak di areal Hutan Taman Industri PT. ITCIKU di Kelurahan Pemaluan Kecamatan Sepaku dan merupakan kawasan hutan konservasi. Dikawasan Hutan ini terdapat beberapa jenis kayu diantaranya Kayu Mangkulang/Palapi (Scaphium Bacatum), Kayu Ladang-Ladang (Koompassia Mallaccensis), Kayu Puspa (Schima Wallichi), Kayu Simpur (Dillenia SP), Kayu Palawan (Tristanopsis SPP), Shorea Pauciflora Markabang Dipterocarpceae, Kayu Peli-Peli ( lithocarpusspp), Kayu Meranti Merah (Shorea Leptosula), Kayu Paru-Paru (Sindora Wallichi), Kayu Jambu-Jambu ( Syzygium SP), Bangkirai (Shorea Laevis), Medang (Litsea SPP), Kayu Mahang (Macaranga SPP).
Satu satu potensi kebanggan yang sangat menarik dari kawasan ini adalah terdapat sebuah pohon Agahtis dengan lingkaran mencapai 7 Meter. Pohon Agathis ini disinyalir telah berumur ratusan tahun dan salah satu pohon terbesar di asia.

GUA PRIJAK
Gua Prijak merupakan Obyek Wisata yang baru ditemukan di Desa Sesulu Kecamatan Waru. Gua yang cukup indah dan eksotis. Belum terjamah dan tersentuh. Didalam Gua ini terdapat Aliran Sungai yang tak pernah kering setinggi lutut orang dewasa dan memiliki 2 (dua) buah cabang gua di dalamnya. Dinamakan GUA PRIJAK, karena konon di daerah gua ini terdapat banyak pohon Kemiri.

GUA TEMBOLOK

Share This

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *