Sabtu, 07 Februari 2015

Pulau Balabalagan Alternatif Wisata anda


Bagi anda yang ingin merasakan destinasi tempat wisata lain yang mungkin bisa menjadi alternatif bisa melakukan perjalanan kesuatu daerah destinasi tempat wisata belum begitu terkenal di kalangan wisatawan di indonesia. yaitu balabangan. tempat wisata ini cukup jauh ditengah laut dan harus ditempuh dengan perjalanan yang cukup melelahkan, tetapi sensasi keindahan laut dan terumbu karang akan menhilangkan rasa lelah anda selama perjalanan. disini terdapat terumbu karang yang masih sangat terjaga keasriannya dan pantai yang sangat menawan hal ini sunggu sangat menyenangkan bagi anda yang ingin menikmati kesepian dan wisata alam yang masih asri.

Balabalagan atau Balabalakang adalah sebuah kepulauan yg berada di antara perbatasan kalimantan timur dan sulawesi barat. Menurut beberapa sumber kepulauan balabalagan masih belum jelas kepemilikannya, apakah masuk wilayah kalimantan timur atau sulawesi barat, tapi untuk saat ini kepulauan balabalagan masih masuk wilayah sulawesi barat lebih tepatnya kabupaten mamuju. Mayoritas dikepulauan balabalagan adalah orang sulawesi suku bugis mandar. Kepulauan balabalagan adalah pulau cantik dengan beberapa gugusan pulau pulau kecil seperti pulau popongan, pulau samataha, pulau saboyang, pulau malambir kecil, pulau malambir besar dan beberapa pulau gusung yg belum terditeksi berapa banyaknya. 

Ada dua alternatif perjalanan untuk sampai ke kepulauan balabagan yaitu dari kota balikpapan dan tanah gerogot (Kalimantan Timur) yang memakan waktu kurang lebih 3 Jam dari Balikpapan. Andadapat  memilih untuk berangkat lewat grogot dengan menggunakan jasa trip organizer bisa di dapatkan dari internet. Atau berangkat Berangkat dari batulicin ketanah gerogot dengan jarak tempuh -/+ 6 jam perjalanan darat dengan medan yg cukup ekstrim karena banyak tikungan tajam dengan kondisi jalan yg 30% mengalami rusak parah. Disepanjang perjalanan menuju ketanah gerogot mata kita dimanjakan dengan pemandangan gunung gunung kapur yg sangat indah, sehingga perjalanan 6 jam tidak begitu tersa panjang bagi anda. Setelah sampai di tanah gerogot perjalanan dilanjutkan menuju desa lori menggunakan mobil penumpang L300 dengan jarak -/+ 2 jam perjalanan melewati jalan aspal dan sawitan yg tidak begitu jelek. 

Di desa lori terdapat sebuah dermaga kapal, dari sinilah perjalanan menuju kepulauan balabalagan dilanjutkan. Jika gelombang sedang tenang perjalanan dari desa lori menuju kepulauan balabalagan memakan waktu -/+ 7 jam perjalanan dengan menggunakan kapal motor. Perjalanan pasti akan menegangkan, melelahkan dan menakjubkan, karena perjalanan panjang akan terbayar setelah kita sampai dan melihat pasir putih serta birunya laut dikepulauan balabalagan. Dikepulauan balabalagan anda dapat menginap di pulau popongan, karena diantara pulau pulau lain hanya dipulau ini yang mempunyai sumber air tawar, menginap dihomestay milik penduduk setempat. Dipulau popongan ini terdapat fasilitas lengkap untuk olah raga seperti lapangan bola, lapangan voli, badminton, tenis meja dan bilyard. Selain itu dipulau ini juga terdapat sekolah dasar untuk anak anak yg tinggal disini, hanya sekolah dasar yg ada di pulau ini, untuk melanjutkan ketinggat SMP, SMA sampai kuliah mereka akan berangkat kebalikpapan, samarinda atau mamuju (menurut salah satu warga dipulau popongan).





Untuk mendapatkan destinasi tempat wisata terbaru mungkin hal ini bisa menjadi tujuan wisata alternatif buat anda semua yang menyukai tantangan dan keindahan alam indonesia.

sumber: dari beberapa artikel blogger



Share This

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *