Sabtu, 07 Februari 2015

Ojek Wisata Tanah Grogot



Kabupaten Paser adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanah Grogot.

Kabupaten Paser merupakan wilayah Provinsi Kalimantan Timur yang terletak paling selatan, tepatnya pada posisi 00 45'18,37" - 20 27'20,82" LS dan 1150 36'14,5" -1660 57'35,03" BT. Kabupaten Paser terletak pada ketinggian yang berkisar antara 0-500 meter di atas permukaan laut.

OBJEK WISATA

Potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Paser cukup layak untuk dikembangkan sebagai penopang perekonomian daerah. Bahkan, baik objek wisata alam maupun objek wisata sejarah. Beberapa objek wisata di Kabupaten Paser antara lain:

1.   Museum Lokal “Sadurengas” dan Kompleks Makam Raja Kesultanan Paser
Untuk sampai ke lokasi Museum dan Kompleks Makam Raja, dapat ditempuh melalui jalan darat berjarak 5 Km dari ibukota Tanah Grogot serta melalui Sungai Kandilo.

2.   Goa Tengkorak
Goa Tengkorak terdapat puluhan lebih tengkorak manusia.Goa ini terletak di Desa Kasungai yang dapat ditempuh dengan roda empat / roda dua yang berjarak kurang lebih 61 Km dari Ibukota Kecamatan Batu Kajang yang berada di Trans Balikpapan-Banjarmasin.

3.   Wisata Pantai
Wisata Pantai ini terletak di Desa Tanjung Aru dengan jarak tempuh kurang lebih 4 jam dengan kapal taksi Air / Speed Boat krng lebih 2 Jam perjalanan laut.Selain Wisata Pantai Tanjung Aru merupakan Perkampungan Nelayan.

4.   Liang Mangkulangit
Liang Mangkulangit atau bahasa penduduk setempat berarti ”Goa Mengangkat Langit” yang diberikan oleh penemunya.Dibawahnya terdapat aliran Sungai Kandilo. Lama perjalanan yang ditempuh 45 menit dari Muara Komam atau 10 menit dari Desa Muara Kuaro.

5.   Telaga Air Panas
Lokasi Wisata ini terletak di Kelurahan Long Kali dengan Jarak tempuh 3 Km dari tepi jalan raya Tanah Grogot-Penajam atau 88 Km dari ibukota Tanah Grogot.Telaga Air Panas ini bersumber dari bebatuan, dimana disekitarnya terdapat batu kapur dan batu gunung.

6.   Air Terjun Tiwie dan Air Terjun Gerigu
Kedua Air Terjun ini berada di wilayah Kecamatan Long Ikis tepatnya di Desa Tiwei dan Samuntai dengan jarak 53 Km dari ibukota Tanah Grogot dan dapat ditempuh melalui jalan darat.

7.   Pantai Paser Mayang dan Air Terjun Doyam Seriam
Pantai Wisata Pasir Mayang dengan Perkampungan Nelayan terletak 45 Km dari Tanah Grogot sedangkan Air Terjun Doyam Seriam berlokasi sekitar 20 Km dari Kecamatan Kuaro tepatnya di Desa Modang.

8.   Agro Wisata “Trubus Sari”
Agro Wisata “Trubus Sari” milik pengusaha lokal ini terletak 9 Km dari Tanah Grogot tepatnya di Desa Padang Pangrapat. Tempat ini terkenal dengan buah “Salak Pondo” dan macam-macam jenis buah Rambutan.

9.   Tahura Lati Petangis
Tahura Latu Petangis ini merupakan areal Eks Tambang Batubara yang saat ini dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Pasir sebagai Taman Hutan Rakyat dan daerah wisata, dengan jarak tempuh 30 Km dari Tanah Grogot Ibukota Kabupaten.

10. Air terjun Lempesu
Air terjun lempesu berada di Desa Lolo kabupaten paser yang ditempu dari jalan propinsi kurang lebih 1,5 Jam melewati perkampungan penduduk yang sebagian besar sebagai petani kebun sawit. Objek wisata ini sangat menarik dan baik dan sangat alami dan sayang apabila tidak dikunjungi.

11. Telaga ungu
Telaga ungu adalah waduk yang dibuat oleh pemerintahan Kabupate Paser, tanah grogot, yang tujuan utamanya sebagai tempat rekreasi khususnya warga tanah grogot dan pendatang yang berkunjung ketanah grogot.

http://disbudpar.kaltimprov.go.id/beritamenu-661.html#ixzz3R43hCJKo
Share This

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *